Selasa, 05 Juni 2018

Keringanan Dalam Beribadah (Rukhshoh)

Rukhshoh (رخصة) artinya suatu keringanan/dispensasi dari Allah subhanahu wataala untuk melakukan perintah-Nya pada saatnya, tetapi diganti dengan cara lain pada hari lain.

Rukhshoh pada shaum ada dua macam:

1. Rukhshoh dengan cara mengqodho dihari lain.
2. Rukhshoh dengan cara membayar fidyah.

Orang-orang yang diberi Rukshoh
Rukhshoh dengan wajib qodho



Dalil-dalilnya:
1.Qs: 2: 184

أَيَّامًا مَعْدُوْدَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيْضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ.

"(Shaum itu) pada hari-hari yang ditentukan, maka siapa saja diantara kamu ada yang sakit atau diatas perjalanan (lalu berbuka) maka (wajib mengganti) pada hari lain yang ditinggalkan."

2. Qs: 2: 185

وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ.

"Dan siapa saja yang sakit atau diatas perjalanan maka (wajib mengganti) pada hari-hari lain (sebanyak yang ditinggalkan)."

3. S. Bukhori : I: 2: 238

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنه أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم خَرَجَ إِلَى مَكَّةَ فِى رَمَضَانَ فَصَامَ حتَّىَ بَلَغَ الْكَدَبُ أَفْطَرَ فَأَفْطَرَالنَّاسُ.

Dari Ibnu Abbas ra sesungguhnya Rasulullah shollallohu alaihi wasallam keluar menuju Makkah pada bulan Romadhon maka beliau shaum hingga sampai di Al-Kadab beliau berbuka maka orang-orang berbuka.

4. S. Bukhori : I: 2: 237

عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّ حَمْرَةَ بْنِ عَمْرٍو اْلأَسْلَمِيَّ قَالَ لِلنَّبِيِّ أَصُوْمُ فِى السَّفَرِ وَكَانَ كَثِيْرَ الصِّيَامِ فَقَالَ: إِنْ شِئتَ فَصُمْ وَإِنْ شِئتَ فَأَفْطِرْ.

Dari Aisyah isteri Nabi shollallohu alaihi wasallam sesungguhnya Hamzah bin Amer Al-Aslamy bertanya kepada Nabi shollallohu alaihi wasallam: Apakah aku harus shaum didalam safar dan adalah kebanyakan shaum (dari pada berbuka) maka beliau menjawab: Jika kamu mau, shaumlah dan jika tidak mau berbukalah.

5. S. Bukhori : I: 2: 238

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى سَفَرٍ فَرَأَى زِحَامًا وَرَجُلاً قَدْ ظُلِّلَ عَلَيْهِ. فَقَالَ: مَاهَذَا ؟ فَقَالُوْا: صَائِمٌ. فَقَالَ: لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ الصَّوْمُ فِى السَّفَرِ.

Dari Jabir bin Abdullah telah berkata: Pernah Rasulullah shollallohu alaihi wasallam didalam suatu perjalanan/safar, lalu beliau melihat seorang laki-laki di naungi dengan payung, maka beliau bertanya: Ada apa ini ? Mereka menjawab: Dia sedang shaum. Maka beliau berkata: Tidak ada kebaikan shaum didalam safar.

6. S. Bukhori : I: 2: 238

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنه قَالَ : خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم مِنَ الْمَدِيْنَةِ إِلَى مَكَّةَ فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ عُسْفَانَ ثُمَّ دَعَابِمَاءٍ فَرَفَعَهُ إِلَى يَدَيْهِ لِيَرَاهُ النَّاسُ فَأَفْطَرَ حَتَّى قَدِمَ مَكَّةَ وَذ'لِكَ فِى رَمَضَانَ.

Dari Ibnu Abbas ra telah berkata: Rasulullah shollallohu alaihi wasallam pernah pergi dari Madinah menuju Makkah, maka beliaupun shaum, sampai mencapai Usfan, kemudian beliau meminta air, lalu beliau mengangkat air itu dengan kedua tangannya agar orang-orang melihatnya, maka beliaupun berbuka sampai datang ke Makkah dan kejadian itu pada bulan Romadhon

7. S. Bukhori : I: 2: 238

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ : كُنَّا نُسَافِرُ مَعَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَلَمْ يَعِبِ الصَّائِمُ عَلَى الْمُفْطِرِ وَلاَ الْمُفْطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.

Dari Anas bin Malik telah berkata: Kami pernah safar bersama Nabi shollallohu alaihi wasallam, maka tidak boleh yang sedang shaum mencela kepada yang berbuka dan tidak bolah juga yang berbuka kepada yang shaum.

8. S. Muslim : I: 497: 88

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنه أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم خَرَجَ عَامَ الْفَتْحِ فِى رَمَضَانَ حَتَّى بَلَغَ الْكَدِيْدَ ثُمَّ أَفْطَرَ وَكَانَ صَحَابَةُ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَتَّبِعُوْنَ اْلأَحْدَثَ فَا ْلأ َحْدَثُ مِنْ أَمْرِهِ .

Dari Ibnu Abbas ra sesungguhnya Rasulullah shollallohu alaihi wasallam pernah bepergian pada tahun penaklukkan Makkah pada bulan Romadhon sampai mencapai Al-Kadid, kemudian beliau berbuka dan para shohabat Rasulullah shollallohu `alaihi wasallam mengikuti, kejadian itu, maka kejadian tersebut dari perintahnya.

9. S. Muslim : I: 497: 88
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنه قَالَ: سَافَرَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ. فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ عُسْفَانَ ثُمَّ دَعَا بِإِنَاءٍ فِيْهِ شَرَابٌ فَشَرِبَهُ نَهَارًا لِيَرَاهُ النَّاسُ ثُمَّ أَفْطَرَ حَتَّى دَخَلَ مَكَّةَ.

Dari Ibnu Abbas ra telah berkata: Rasulullah shollallohu alaihi wasallam safar pada bulan Romadhon. Maka beliaupun shaum, sampai/hingga sampai ke Usfan. Kemudian beliau meminta air, lalu beliau minum air itu pada siang hari, agar orang-orang melihatnya kemudian berbuka hingga memasuki Makkah.

10. S. Muslim : I: 497: 89

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنه قَالَ: لاَ تَعِبْ عَلَى مَنْ صَامَ وَلاَ عَلَى مَنْ أَفْطَرَ قَدْ صَامَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى السَّفَرِ وَأَفْطَرَ.

Dari Ibnu Abbas ra telah berekata: Jangan mencela kepada orang yang shaum dan jangan juga kepada orang yang berbuka, sungguh Rasulullah shollallohu alaihi wasallam shaum dan berbuka didalam safar.

11. S. Muslim : I: 498: 90

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رضي الله عنه أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم خَرَجَ عَامَ الْفَتْحِ إِلَى مَكَّةَ فِى رَمَضَانَ فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ كُرَاعَ الْغَمِيْمِ فَصَامَ النَّاسُ. ثُمَّ دَعَا بِقَدَحٍ مِنْ مَاءٍ فَرَفَعَهُ. حَتَّى.نَظَرَ النَّاسُ إِلَيْهِ. ثُمَّ شَرِبَ. فَقِيْلَ لَهُ بَعْدَ ذ'لِكَ إِنَّ بَعْضَ النَّاسِ قَدْ صَامَ. فَقَالَ: أُوْلَئِكَ الْعُصَاةُ أُوْلَئِكَ الْعُصَاةُ.

Dari Jabir bin Abdullah ra sesungguhnya Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bepergian pada tahun penaklukkan ke Makkah pada bulan Romadhon. Maka beliau shaum hingga sampai ke Kura'al Gomim. Orang-orang juga shaum kemudian beliau minta semangkuk air, lalu beliau angkat air tersebut, hingga orang-orang melihat kepada beliau. Kemudian beliau minum. Dikatakan kepadap beliau setelah kejadian itu, bahwa sebagian orang ada yang masih shaum. Maka beliau berkata: Mereka itu durhaka, mereka itu durhaka.

12. S. Muslim : I: 498: 92

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ الله ُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى سَفَرٍ فَرَأَى رَجُلاً قَدْ إِجْتَمَعَ النَّاسُ عَلَيْهِ. وَقَدْ ظُلِّلَ عَلَيْهِ فَقَالَ: مَالَهُ ؟ قَالُوْا: رَجُلٌ صَائِمٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ أَنْ تَصُوْمُوْا فِى السَّفَرِ.

Dari Jabir bin Abdullah ra telah berkata: Rasulullah shollallohu alaihi wasallam pernah didalam suatu safa, melihat seorang laki-laki telah dikerumuni orang-orang, dan sungguh-sungguh telah dipayungi. Maka beliau bertanya: Ada apa dengan dia ? Mereka menjawab: Seorang laki-laki yang sedang shaum ? Kemudian Rsulullah shollallohu alaihi wasallam ber kata: Tidak ada kebaikan kamu shaum didalam safar.

13: S. Muslim : I: 498: 93

عَنْ أَبِى سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ : غَزَوْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم لِسِتِّ عَشْرَةَ مَضَتْ مِنْ رَمَضَانَ فَمِنَّا مَنْ صَامَ وَمِنَّا مَنْ أَفْطَرَ. فَلَمْ يَعِبِ الصَّائِمُ عَلَى الْمُفْطِرِ . وَلاَ الْمُفْطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.

Dari Abu Said Al-Khudri ra telah berkata: Kami pernah berperang bersama Rasulullah shollallohu alaihi wasallam sekitar 16 kali yang lewat pada bulan Romadhon. Maka diantara kami ada orang yang shaum dan diantara kami ada yang berbuka, maka tidak boleh mencela yang shaum kepada yang berbuka. Dan yang berbuka kepada yang shaum.

14. S. Muslim :I: 499: 95

عَنْ أَبِى سَعِيْدٍ رضي الله عنه قَالَ : كُنَّا نُسَافِرُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ.فَمَا يُعَابُ عَلَى الصَّائِمِ صَوْمُهُ. وَلاَ عَلَى الْمُفْطِرِ إِفْطَارُهُ.

Dari Abu Said ra telah berkata: Kami pernah bepergian bersama Rasulullah shollallohu `alaihi wasallam pada bulan Romadhon. Maka tidak boleh dicela orang yang shaum, shaumnya. Dan tidak boleh dicela kepada yang berbuka, bukanya.

15. S. Muslim : I: 499: 96

عَنْ أَبِى سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ : كُنَّا نَغْزُوْ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ فَمِنَّا الصَّائِمُ وَمِنَّا الْمُفْطِرُ فَلاَ يَجِدُ الصَّائِمُ عَلَى الْمُفْطِرِوَلاَ الْمُفْطِرُ عَلَى الصَّائِمِ. يَرَوْنَ أَنَّ مَنْ وَجَدَ قُوَّةً فَصَامَ. فَإِنَّ ذ'لِكَ حَسَنٌ. وَيَرَوْنَ أَنَّ مَنْ وَجَدَ ضَعْفًا فَأَفْطَرَ. فَإِنَّ ذ'لِكَ حَسَنٌ.
Dari Abu Said Al-Khudri ra telah berkata: Kami bersama Rasulullah shollallohu alaihi wasallam pernah berperang pada bulan Romadhon, maka diantara kami ada yang shaum dan ada yang berbuka. Maka tidak ada halangan yang shaum atas yang berbuka, dan yang berbuka kepada yang shaum. Mereka memandang bahwa yang ada kemampuan lalu ia shaum, karena itu adalah bagus, dan orang yang tidak ada kemampuan, maka mereka berbuka, itu juga baik.

16: S. Muslim : 499: 97

عَنْ أَبِى سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ وَجَابِرِبْنِ عَبِدِاللهِ رضي الله عنه قَالَا : سَافَرْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم لاَ يَصُوْمُ الصَّائِمُ وَيُفْطِرُ فَلاَ يَعِبُ بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ.
Dari Abu Said Al-Khudri dan Jabir bin Abdullah ra telah berkata: Kami pernah safar bersama Rasulullah shollallohu alaihi wasallam, lalu yang shaum terus, dan yang berbuka boleh berbuka. Maka tidak boleh segolongan mereka mencela kepada segolongan yang lain.

17: S. Muslim : 499: 98

عَنْ حُمَيْدٍ قَالَ: أَنَسٌ رضي الله عنه عَنْ صَوْمِ رَمَضَانَ فِى السَّفَرِ ؟ فَقَالَ: سَافَرْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ فَلَمْ يَعِبِ الصَّائِمُ عَلَى الْمُفْطِرِ وَلاَ الْمُفْطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.

Dari Huhmaid telah berkata: Anas ra ditanya tentang shaum Romadhon pada bulan Safar. Maka ia menjawab: Kami pernah safar bersama Rasulullah shollallohu alaihi wasallam pada bulan Romadhon, maka tidak boleh mencela yang shaum atas yang berbuka. Dan yang berbuka kepada yang sedang shaum 

18. S. Muslim : 499: 99

عَنْ حُمَيْدٍ. قَالَ: خَرَجْتُ فَصُمْتُ فَقَالُوْا لِيْ: أَعِدْ. قَالَ فَقُلْتُ : إِنَّ أَنَسًا أَخْبَرَنِى : أَنَّ أَصْحَابَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَانُوْا يُسَافِرُوْنَ. فَلاَ يَعِيْبُ الصَّائِمُ عَلَى الْمُفْطِرِ. وَلاَ الْمُفْطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.

Dari Humaid telah berkata: Aku pernah pergi lalu aku shaum. Maka mereka bertanya kepadaku: Ulangi lag. Ia berkata: Maka aku bertanya: Sesungguhnya Anas pernah menceritakan kepadaku: Sesungguhnya para shohabat Rasulullah shollallohu alaihi wasallam ada mereka safar. Maka tidak boleh mencela orang yang shaum kepada orang yang berbuka. Dan orang yang berbuka kepada orang yang shaum.

19. S. AD: I: 554: 2402

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ حَمْزَةَ اْلأَسْلاَمِيَّ سَأَلَ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ : يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنِّى رَجُلٌ أَسْرَدُ الصَّوْمَ أَفَأَصُوْمُ فِى السَّفَرِ ؟ قَالَ: صُمْ إِنْ شِئتَ وَأَفْطِرْ إِنْشِئتَ .

Dari Aisyah, sesungguhnya Hamzah Al-Aslamy pernah bertanya kepada Nabi shollallohu alaihi wasallam, maka ia betanya: Ya Rasulullah ! Sesungguhnya aku seorang laki-laki yang suka shaum terus-menerus, apakah aku boleh shaum pada waktu safar ? Beliau menjawab: Shaumlah kalau kamu mau dan berbukalah kalau kamu mau berbuka.

20. S. AD: I: 555: 2404

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : خَرَجَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم مِنَ الْمَدِيْنَةِ إِلَى مَكَّةَ حَتَّى بَلَغَ عُسْفَانَ ثُمَّ دَعَا بِإِنَاءٍ فَرَفَعَهُ إِلَى فِيْهِ لِيُرِيَهُ النَّاسَ وَذ'لِكَ فِى رَمَضَانَ فَكَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ يَقُوْلُ : قَدْ صَامَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم وَأَفْطَرَ. فَمَنْ شَاءَ صَامَ وَمَنْ شَاءَ أَفْطَرَ.

Dari Ibnu Abbas telah berkata: Nabi shollallohu alaihi wasallam pergi dari Madinah ke Mekkah hingga sampai Usfan, kemudian beliau meminta air, lalu beliau angkat ke mulutnya agar orang-orang melihatnya. Dan kejadian itu pada bulan Romadhon. Maka Ibnu Abbas berkata: Sungguh-sungguh Nabi shollallohu alaihi wasallam pernah shaum dan pernah berbuka. Maka siapa saja yang mau shaum, shaumlah dan siapa saja yang mau, berbukalah.

21. S. AD: I: 555: 2405

عَنْ أَنَسٍ قَالَ : سَافَرْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ فَصَامَ بَعْضُنَا وَأَفْطَرَ بَعْضُنَا. فَلَمْ يَعِبِ الصَّائِمُ عَلَى الْمُفْطِرِ. وَلاَ الْمُفْطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.

Dari Anas telah berkata: Kami bersama Rasulullah shollallohu alaihi wasallam pernah safar pada bulan Romadhon, maka segolongan kami ada yang shaum dan segolongan kami ada yang berbuka. Maka yang shaum tidak boleh mencela yang berbuka dan yang berbuka kepada yang shaum.

22. SN: II: 572:2220/I: 2:174

عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ كَعْبِ بْنِ عَاصِمٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَس
ُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ الصِّيَامُ فِى السَّفَرِ.

Dari Ummu Darda, dari Ka'ab bin Ashim telah berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shollallohu alaihi wasallam berkata: Tidak termasuk kebaikan shaum didalam safar.

23. SN: II: 572: 2221/I: 2:175

عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ الصِّيَامُ فِى السَّفَرِ.

Dari Az-Zuhri, dari Said bin Al-Musayyab telah berkata: Rasulullah shollallohu alaihi wasallam berkata: Tidak ada kebaikan shaum didalam safar.

24. SN: I: 2: 175

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم رَأَى نَاسًا مُجْتَمِعِيْنَ عَلَى رَجُلٍ فَسَأَلَ: فَقَالُوْا : رَجُلٌ أَجْهَدَهُ الصَّوْمُ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ الصِّيَامُ فِى السَّفَرِ.

Dari Jabir bin Abdullah, sesungguhnya Rasulullah shollallohu alaihi wasallam telah melihat banyak orang berkerumun kepada seseorang, maka beliau betanya (ada apa mereka) Mereka menjawab: Seorang laki-laki pingsan karena shaum. Rasulullah shollallohu alaihi wasallam berkata: Tidak ada kebaikan shaum didalam safar.

25. SN: I: 2: 176

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ ا للهِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم مَرَّ بِرَجُلٍ فِى ظِلِّ شَجَرَةٍ يُرَشُّ عَلَيْهِ الْمَاءُ قَالَ : مَابَالُ صَاحِبِكُمْ هَذَا ؟ قَالُوْا: يَارَسُوْلَ اللهِ : صَائِمٌ قَالَ : إِنَّهُ لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ أَنْ تَصُوْمُوْا فِى السَّفَرِ وَعَلَيْكُمْ بِرُخْصَةِ الَّتِى رَخَّصَ لَكُمْ فَاقْبَلُوْهَا.

Dari Jabir bin Abdullah, sesungguhnya Rasulullah shollallohu alaihi wasallam pernah lewat (didalam safar) bertemu sengan seseorang dinaungan sebuah pohon yang sedang disirami air. Beliau betanya: Mengapa teman kalian ini ? Mereka menjawab: Ya Rasulullah, dia sedang shaum. Beliau berkata: Sesungguhnya tidak ada kebaikan kamu shaum pada waktu safar. Dan wajib atas kamu mengambil kemurahan Allah yang Allah berikan kepada kamu, maka terimalah rukhshoh itu.

26. SN: I: 2: 176

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رضي الله عنه عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ الصِّيَامُ فِى السَّفَرِ. عَلَيْكَمْ بِرُخْصَةِ الله ِ عَزَّ وَجَلَّ. فَاقْبَلُوْهَا.

Dari Jabir bin Abdullah ra dari Rasulullah shollallohu alaihi wasallam telah berkata: Tidak ada kebaikan shaum didalam safar. Kamu wajib berpegang kepada rukhshoh Allah Ajja Wajalla, maka terimalah itu.

27. SN: I: 2: 177

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم رَأَى رَجُلاً قَدْ ظُلِّلَ عَلَيْهِ فِى السَّفَرِ فَقَالَ: لَيْسَ مِنَ الْبِرِّ الصِّيَامُ فِى السَّفَرِ.

Dari Jabir bin Abdullah, sesungguhnya Rasulullah shollallohu alaihi wasallam telah melihat seorang laki-laki yang dipayungi didalam safar, maka beliau berkata: Tidak ada kebaikan shaum didalam safar.

28. SN: I: 2: 177

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِلَى مَكَّةَ عَامَ الْفَتْحِ فِى رَمَضَانَ فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ كُرُاعَ الْغَمِيْمِ. فَصَامَ النَّاسُ فَبَلَغَهُ أَنَّ النَّاسَ قَدْ شَقَّ عَلَيْهِمُ الصِّيَامُ فَدَعَا بِقَدَحٍ مِنَ الْمَاءِ بَعْدَ الْعَصْرِ فَشَرِبَ وَالنَّاسُ يَنْظُرُوْنَ فَأَفْطَرَ بَعْضُ النَّاسِ وَصَامَ بَعْضٌ. فَبَلَغَهُ أَنَّ نَاسًا صَامُوْا فَقَالَ : أُوْلَئِكَ الْعُصَةُ.

Dari Jabir telah berkata: Rasulullah shollallohu alaihi wasallam pernah pergi ke Mekkah pada tahun penaklukan pada bulan Romadhon. Maka beliau shaum hingga sampai ke Kuro Al-Gamim. Maka orang-orang-pun shaum juga. Kermudian sampai berita kepda beliau bahwa orang-orang ada yang tidak sanggup berpuasa, lalu beliau meminta semangkok air setelah waktu Ashor, lalu beliau minum. Dan orang-orang menyaksikan, maka sebagian orang ada yang berbuka dan sebagian lagi ada yang tetap shaum. Maka sampai berita kepada beliau bahwa orang-orang tetap shaum, kemudian beliaupun berkata: Mereka telah durhaka.

29. SN: I: 2: 178

عَنْ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةَ الضَّمْرِيِّ قَالَ: قَدِمْتُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ سَفَرٍ فَقَالَ : إِنْتَظِرِ الْغَدَاءَ يَاأَبَا أُمَيَّةَ .فَقُلتُ : إِنِّى صَائِمٌ. فَقَالَ: تَعَالَ إِذْنُ مِنِّ

ى حَتَّى أُخْبِرَكَ عَنِ الْمُسَافِرِ إِنَّ الله َ عَزَّوَجَلَّ وَضَعَ عَنْهُ الصِّيَامَ وَنِصْفَ الصَّلاَةِ.

Dari Amer bin Umayyah Ad-Dhomri telah berkata: Aku pernah menemui Rasulullah shollallohu alaihi wasallam dari safar. Maka beliau berkata: Tunggulah sampai makan siang hai Abu Umayyah ! Aku menjawab: Aku sedang shaum. Beliau berkata: Kemarilah mendekat kepada, aku akan beritahukan kepada kamu tentang musafir. Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla telah membiarkan/mengizinkan (untuk membatalkan) shaumnya dan mengqoshor sholatnya.

30. SN: I: 2: 179

عَنْ جَعْفَرِ بْنِ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةَ الضَّمْرِيِّ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ : قَدِمْتُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَقالَ لِيْ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَلاَ تَنْظِرُ الْغَدَاءَ يَاأَبَاأُمَيَّةَ قُلْتُ :إِنِّى صَائِمٌ فَقَالَ : تَعَالَ أُخْبِرُكَ عَنِ الْمُسَافِرِ إِنَّ الله َ وَضَعَ عَنْهُ الصِّيَامَ وَنِصْفَ الصَّلاَةِ.

Dari Jafar bin Amer bin Umayyah Ad-Dhomri dari bapaknya telah berkata: Aku datang kepada Rasulullah shollallohu alaihi wasallam, maka beliau berkata kepadaku: Maukah kamu menunggu sampai makan siang hai Abu Umayyah. Jawabku: Aku sedang shaum. Kemudian beliau berkata: Kemarilah akan kuberitahukan mengenai orang safar. Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla membolehkan berbuka bagi yang shaum dan mengqoshor sholatnya.

Keterangan :
Dengan Nash Al-Qur’an dan Al-Hadits diatas dapat diambil pelajaran sebagai berikut:

Orang yang sakit boleh berbuka dan wajib membayar Qodho selama hari yang ditinggalkan sewaktu sakit.Orang yang safar juga boleh berbuka jika merasa berat untuk shaum.Tetapi bagi musafir ini dibolehkan selama masih diatas perjalanan, bukan setelah sampai tujuan.Setelah sampai pada tujuan wajib shaum lagi sebagaimana orang yang mukim.Jika musafir ini merasa mampu, maka boleh juga shaum.Semuanya itu tetap diniatkan untuk shaum, kemudian setelah tidak merasa mampu, maka disitulah boleh mengambil rukhshoh yaitu berbuka.Adapun ucapan Rasulullah shollallohu alaihi wasallam: Tidak ada kebaikan shaum didalam safar, ini bersifat kondisional. Beliau melihat ada seseorang yang shaum tetapi sampai dipayungi, maka hal itu dianggap tidak mampu. Timbullah ucapan diatas.Keduanya tidak boleh saling mencela.Jelas bagi orang yang safar boleh memilih, berbuka atau tetap shaum.Sebagai kesimpulan, yang wajib mengqodho adalah.

- Orang sakit
- Orang safar

Rukhshoh dengan wajib Fidiyah.

Didalam Al-Qur’an dijelaskan tentang orang-orang yang dianggap tidak mampu melakukan shaum dengan cara membayar fidiyah yaitu:

1. Qs: 2: 184

وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهُ فِدْيَةٌ

"Dan orang-orang yang berat (tidak mampu melakukan shaum) maka wajib membayar fidiyah memberi makan orang miskin."

Keterangan :
Orang-orang yang tidak mampu melakukan shaum, maka wajib membayar fidiyah, yaitu memberi makan seorang miskin setiap hari.Jika yang dianggap tidak mampu tadi, makan sehari dua kali maka memberi makan kepada orang miskinnya juga sehari dua kali.Jika ingin diuangkan, maka dinilai saja, makan dua kali itu berapa. Misalnya sekali makan kurang lebih Rp.5.000, maka dua kali makan menjadi Rp. 10.000.Jelasnya nilai saja sendiri menurut kemampuan yang tidak shaum tadi.

Tafsir Qs: 2:184. Menurut hadits Rasulullah shollallohu alaihi wasallam sebagai berikut:

1. S. AD: I: 537:2318

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ : وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ. قَالَ: كَانَتْ رُخْصَةٌ لِلشَّيْخِ الْكَبِيْرِ وَالْمَرْأَةِ الْكَبِيْرَةِ وَهُمَايُطِيْقَانِ الصِّيَامَ.أَنْ يُطْعِمَا مَكَانَ كُلِّ يَوْمٍ مِسْكِيْنًا وَالْحُبْلَى وَالْمَرْضِعِ إِذَا خَافَتَا.

Dari Ibnu Abbas mengenai ayat….وعلى الذين يطيقون فدية adalah rukhshoh bagi kakek dan nenek jompo, keduanya dianggap tidak mampu untuk melakukan shaum, hendaklah berbuka dan memberi makan setiap hari seorang miskin dan orang hamil dan yang menyusui apabila keduanya takut.

2. SN: I: 2: 190

عَنْ أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ رَجُلٌ مِنْهُمْ أَنَّهُ أَتَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم بِالْمَدِيْنَةِ وَهُوَ يَتَغَدَّى. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم هَلُمَّ إِلَى الْغَدَاةِ فَقَال

َ إِنِّى صَائِمٌ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِنَّ الله َ عَزَّ وَجَلَّ وَضَعَ لِلْمُسَافِرِ الصَّوْمَ وَشَطْرَ الصَّلاَةِ وَعَنِ الْحُبْلىَ وَالْمُرْضِعِ.

Dari Anas bin Malik, seorang diantara mereka telah mendatangi Nabi shollallohu alaihi wasallam di Madinah dan beliau sedang makan siang. Maka Nabi saw berkata kepadanya: Mari makan siang, ia menjawab: Aku sedang shaum, maka Nabi shollallohu alaihi wasallamberkata kepadanya: Sesungguhnya Allah Azza Wajalla telah mengijinkan bagi musafir membatalkan shaumnya dan mengqodho sholatnya dan wanita hamil dan yang menyusui (membatalkan shaumnya).

3. SN: I: 2: 180

عَنْ أَبِى قِلاَبَةَ عَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : إِنَّ الله َ عَزَّ وَجَلَّ وَضَعَ عَنِ الْمُسَافِرِ نِصْفَ الصَّلاَةِ وَالصَّوْمَ وَعَنِ الْحُبْلَى وَالْمُرْضِعِ.

Dari Abu Kilabah, dari Anas ra dari Nabi shollallohu alaihi wasallam telah berkata: Sesungguhnya Allah Azza Wajalla telah membolehkan kepada musafir mengqoshor sholat dan membatalkan shaum dan juga kepada yang hamil dan menyusui.

4. SN: I: 2: 181

عَنْ أَبِى قِلاَبَةَ عَنْ رَجُلٍ قَالَ: أَتَيْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم لِحَاجَةِ فَإِذَا هُوَ يَتَغَدَّى قَالَ:هَلُمَّ إِلَى الْغَدَاءِ فَقُلْتُ: إِنِّى صَائِمٌ.هَلُمَّ أُخْبِرُكَ عَنِ الصَّوْمِ إِنَّ الله َ وَضَعَ عَنِ الْمُسَافِرِ نِصْفَ الصَّلاَةِ وَالصَّوْمِ وَرَخَّصَ لِلْحُبْلَى وَالْمُرْضِعِ

Dari Abu Kilabah dari seseorang telah berkata: Aku pernah datang kepada Nabi shollallohu alaihi wasallam untuk suatu keperluan, maka beliau sedang makan siang, beliau berkata: Marilah makan. Aku jawab: Aku sedang shaum. Maukah aku beritahukan kepadamu tentang shaum, sesungguhnya Allah telah mengijinkan kepada musafir mengqoshor sholat dan membatalkan shaumnya dan Allah memberi kemurahan bagi yang hamil dan yang menyusui (untuk berbuka).

5. SN: I: 2: 190/191

عَنْ عَطَاءٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ فِى قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ: وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ يُكَلِّفُوْنَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ وَاحِدٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا طَعَامُ مِسْكِيْنٍ آهَرَ لَيْسَتْ بِمَنْ سُوْخَةٍ فَهُوَ خَيْرٌلَهُ وَأَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَكُمْ لاَ يُرَخَّصُ فِى هَذَا إِلاَّ لِلَّذِى لاَ يُطِيْقُ الصِّيَامَ أَوْ مَرِيْضٌ لاَ يُشْفَى.

Dari Atho, dari Ibnu Abbas mengucapkan Allah Azza Wajalla: وعلى الذين يطيقونه فدية طعام مسكين mereka menebusnya dengan memberi makan seorang miskin dan siapa yang mampu lebih dari seorang maka itu lebih baik baginya. Ayat itu tidak dimansukhkan ayat setelahnya, tetapi pengertiannya adalah orang-orang yang benar tidak mampu melakukan shaum karena udzur atau seorang yang sakit yang tidak dapat sembuh, maka ia dibolehkan menebus shaumnya dengan memberi makan seorang miskin.

Keterangan :
1. Hadits-hadits diatas memberikan pengertian bahwa, orang yang dalam perjalanan di ijinkan untuk mengqoshor sholat.

2. Juga menafsiri ayat:وعلى الذين يطيقونه فدية yaitu yang dianggap tidak mampu shaum, wajib ditebus dengan fidiyah kepada:

- Kakek jompo
- Nenek jompo
- Wanita hamil dan
- Wanita menyusui
- Orang sakit menahun

3. Kelima macam orang tersebut, boleh membatalkan shaum dan diganti dengan fidiyah

4. Cara membayar fidiyah yaitu:
     a. Boleh memberinya setiap hari
     b. Boleh sekaligus sebulan dibayar setelah genap shaum sebulan

5. Dan semuanya itu berupa bahan makanan, kecuali ada yang megurus, bisa dititipkan kepada pengurus, nanti pengurus yang menyalurkan kepada orang miskin berupa makanan tadi.

6. Kesimpulan: Yang dimaksud ayat:وعلى الذين يطيقونه adalah, kakek, nenek, orang hamil, orang menyusui dan orang sakit menahun, semua ini boleh mengambil rukhsoh dengan berbuka dan wajib membayar fidiyah kepada orang miskin.

7. Dan fidiyah itu diberikan untuk makan orang miskin bukan untuk membeli pakaian lebaran.

#copas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar